KEGIATAN GERMAS ( GERAKAN MASYARAKAT SEHAT)

Ditulis : Jumat, 2017-10-20 - 08:59:35

KEGIATAN GERMAS ( GERAKAN MASYARAKAT SEHAT)

19 Oktober 2017 hari kamis kemarin merupakan hari yang ramai di kecamatan waway karya. Kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat atau yang biasa kita sebut GERMAS. Pada kegiatan ini, seluruh lembaga pemerintahan dan pendidikan di kecamatan waway karya bekerja sama menyukseskan acara ini, dengan di dampingi oleh puskesmas sumberejo sebagai instruktur acara GERMAS ini.

Sebelas desa, tingkat pendidikan dari PAUD hingga SMA, pemerintah Kecamatan, Kesehatan/Puskes, Pemerintah Desa serta LSM pun hadir mengikuti acara tersebut. Rangkaian acara ini terdiri dari, cata mencuci tangan, program meminum suplemen penambah dari bagi remaja putri setingkat SMA/SMA, Senam Lansia dan kemudian di barengi dengan kegiatan sunatan massal, pemberian gizi untuk ibu hamil dan balita serta bersama makan arem-arem.

Tepat pukul 10.30 WIB, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim tiba ke lokasi germas di Sumberejo kecamatan waway karya. Beliau menepati janjinya, yang akan mrngunjungi dan datang ke kecamatan waway karya dalam acara tersebut. Sudah jelas, banyak anak-anak serta ibu-ibu antusian dan rame menyambut kedatangan ibu Nunik (sapaan akrab beliau di waway karya ). 

Kedatangan Bupati Lampung Timur ini, di iringi dengan tari Melinting sebagaimana identitas tari lampung timuryang akan terus di lestarikan. Tari tersrbut di tampilkan secara masal oleh siswa-siswi atau pelajar waway karya dari tinggkay SS, SMP hingga SMA. Sangat meruah, ramai dan kompak sekali dalam memainkan tari melinting tersebut. 

Pada kesempatan ini, ibh Nunik mengungkapkan akan meberikan settifikat kepada para penari Melinting tersebut dan langsung di tanda tangani oleh beliau. Ya, semoga ini terealisasikan secara baik dan komprehensif untuk membentuk semangat pelajar melestarikan budaya daerah dan menjadikannya sebagai kearifan lokal Lampung Timur terkhusus untuk waway karya. Selanjutnya, Ibu Nunik melakukan foto bersama dengan peserta tari melinting permasing-masing lembaga. Senang, kagum, gembira tergambarkan dari wajah siswa-siswi yang menari pada saat itu.

Terakhir, kegiatan ini berjalan lancar dan berlangsung dengan baik. Semoga masyarakat lebih sadar dan peka terhadap lingkungan dan diri nya sendiri. Menjaga kesehatan dan memulai gaya hidup sehat. Sehingga terwujudnya masyarakat waway karya dengan cerdas, sehat dan berkompeten tinggi. Aammin

MARGA BATIN